Thursday, June 15, 2017

Penyakit Asma-Komplikasi, Gejala serta Penyebabnya

Penyakit Asma-Komplikasi, Gejala serta Penyebabnya | Asma atau dalam bahasa Yunani Asthma (terengah) merupakan penyakit kronis atau jangka panjang yang disebabkan oleh peradangan yang umum terjadi pada saluran pernafasan sehingga menimbulkan sesak atau sulit untuk bernafas. Peradangan ini membuat saluran pernafasan bengkak dan sangat sensitif. Kondisi ini dapat ditandai dengan gejala yang bervariasi dan berulang, dan penyumbatan saluran nafas yang reversibel serta spasme bronkus.



Ketika paru-paru teriritasi oleh berbagai sebab seperti merokok, maka otot-otot saluran pernafasan penderita akan menjadi kaku serta akan membuat saluran tersebut menjadi sempit. Selain itu, peningkatan produksi dahak akan meningkat sehingga dapat menjadikan bernafas makin sulit untuk dilakukan. Menurut laporan riset Kesehatan dasar yang dilakukan oleh kementrian kesehatan pada tahun 2013, di Indonesia penderita asma mencapai 4,5% dari seluruh penduduk Indonesia dan Sulawesi Tengah lah yang menduduki peringkat pertama sebanyak 7,8% dari total penduduk daerah tersebut.

FAKTOR RISIKO SESEORANG TERKENA ASMA
  • Seseorang yang mempunyai alergi atopik seperti alergi makanan dan eksim.
  • Riwayat keluarga penderita asma.
  • Seseorang yang mengidap penyakit bronkiolitis (infeksi paru-paru) saat maish kecil.
  • Kelahiran bayi yang prematur.
  • Lahir dengan berat badan yang berada dibawah normal.
  • Terpapar asap rokok pada saat masih dalam kandungan, yang terjadi pada kasus ibu hamil yang merokok.
PENYEBAB ASMA
  1. Mengalami infeksi paru-paru dan saluran pernafasan.
  2. Interaksi lingkungan dan faktor genetika.
  3. Warisan keluarga.
  4. Kecenderungan untuk mengembangkan alergi yang disebut atopi (AT-o-pe).
  5. Alergi yang disebabkan oleh bulu hewan, tungau debu dan serbuk bunga.
  6. Faktor cuaca.
  7. Kondisi interior yang kotor.
  8. Paparan zat udara seperti asap kendaraan dan asap rokok.
  9. Mengalami stres.
  10. Aktifiitas fisik.
  11. Makanan dan minuman yang mengandung pengawet.
  12. Alergi terhadap makanan,
  13. Dampak penggunaan obat seperti aspirin atau obat anti-inflamasi non-steroid dan nonselektif beta-blocker.
  14. Infeksi virus seperti influenza.
GEJALA ASMA
  • Batuk yang akan lebih memburuk pada malam hari atau pagi hari.
  • Dada yang terasa sesak dan berat.
  • Mengi (suara seperti terjepit yang dihasilkan saat bernafas).
  • Denyut jantung yang meningkat.
  • Merasa lelah, pusing dan ngantuk.
  • Bicara, makan dan tidur jadi terganggu karena sulit bernafas.
  • Penggunaan inhaler yang sudah tidak ampuh lagi.
  • Bibir dan jari membiru.
KOMPLIKASI ASMA
  1. Kelelahan berlebih pada penderita.
  2. Tidak bisa beraktifitas secara normal.
  3. Mengalami stres, kecemasan atau depresi.
  4. Infeksi paru-paru.
  5. Kegagalan pernafasan dimana oksigen lebih rendah dibanding karbon monoksida.
  6. Paru-paru akan rusak sebagian atau seluruhnya.
  7. Serangan asma berat yang tidak mempan oleh obat.

Sekian artikel yang dapat kami sampaikan. Terima kasih atas kunjungan anda dan semoga bermanfaat.


Bentuk Olahraga Ringan Untuk Kesehatan Jantung

Bentuk Olahraga Ringan Untuk Kesehatan Jantung | Berbicara mengenai olahraga, olahraga merupakan kegiatan yang baik bagi kesehatan tubuh seseorang. Olahraga merupakan aktivittas fisik maupun psikis yang berguna untuk menjaga, melatih serta meninggkatkan kualitas kesehatan seseorang baik secara jasmani maupun rohani.



Memang banyak sekali jenis dan bentuk olahraga yang dapat kita lakukan karena selain menyehatkan tubuh kita juga setidaknya dapat menurunkan risiko kita untuk terkena penyakit. Namun hal itu tidak untuk penderita penyakit jantung. Tidak semua jenis olahraga bisa ia lakukan. Berikut kami akan memberikan daftar olahraga apa saja yang baik untuk para penderita penyakit jantung.
  • Bersepeda
Jenis olahraga satu ini bisa anda lakukan bersama teman atau keluarga anda. Baik itu di pagi hari maupun sore hari. Olahraga dengan bersepeda merupakan olahraga kardiovaskular yang berfungsi untuk melatih ketahan serta kesehatan jantung, persendian serta otot seseorang.
  • Berenang
Selain bersepeda, berenang juga bisa anda lakukan di sela-sela waktu libur anda. Selain untuk melatih paru-paru, berenang juga dapat melatih ketahanan jantung dengan 2-3 jam berenang setiap seminggu sekali.
  • Berdansa atau menari
Kegiatan ini hanya perlu anda lakukan dengan memasang musik yang anda sukai. Dengan melakukan hal ini secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Lakukan olahraga ini sampai denyut jantung anda 120-135 denyut per menit untuk melatih ketahanan jantung.
  • Senam
Senam merupakan olahraga yang baik bagi kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan wajah. Senam untuk jantung agar sehat yaitu serangkaian gerakan yang dirancang untuk melatih kekuatan otot jantung, gerakan otot besar dan kelenturan sendi. Anda harus melakukan senam ini dengan gerakan pemanasan terlebih dahulu kemudian gerakan inti dan gerakan pendinginan.
  • Jalan santai
Olahraga ringan ini sangat bermanfaat bagi kebugaran tubuh dan baik untuk kesehatan jantung, terutama bagi penderita penyakit jantung. Anda bisa melakukan setiap hari di sekitar halaman rumah anda. Maupun mengikuti event-event di berbagai acara jalan sehat.
  • Jogging atau Lari
Olahraga ini merupakan olahraga yang sangat mudah untuk dilakukan, dan juga mempunyai manfaat untuk membuat jantung tetap sehat dan menjaga daya tahan tubuhnya agar tetap sehat.

Sekian artikel yang ddapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari anda khususnya dalam menjaga kesehatan jantung. Terima kasih atas kunjungan anda dan sampai jumpa.


Cara Jitu, Cepat dan Tepat Hilangkan Kebiasaan Merokok

Cara Jitu, Cepat dan Tepat Hilangkan Kebiasaan Merokok | Merokok merupakan kebiasaan yang sangat digemari oleh para kalangan kaum pria. Memang tidak semua pria merokok, namun kebiasaan ini di dominani oleh kaum pria. Rokok sekarang sudah dijadikan sebagai kebutuhan primer yang harus ada bagi penikmatnya. Lihat saja faktanya sekarang orang-orang lebih mementingkan mengonsumsi rokok daripada makanan lain yang lebih sehat. Padahal kalau dipikir secara mendalam, rokok yang kita bakar itu merupakan bentuk simbolis bahwa uang kitalah yang kita bakar sendiri dengan sengaja.



Namun, jika anda sekarang ingin merubah pola hidup buruk tersebut menjadi yang lebih baik, apa salahnya. Toh, kesehatan badan kita sendiri, kita sendiri kok yang urus. Bener kan? Maka dari itu lebih baik kalian para pecandu rokok rubahlah semua kebiasaan itu supaya kalian terhindar dari berbagai penyakit yang bisa disebabkan oleh rokok.

CARA SEHAT UNTUK BERHENTI MEROKOK
  • Tanya terlebih dahulu pada diri anda, kenapa anda ingin keluar dari zona tidak aman ini?
Tentunya alasan yang tepat adalah karena rokok itu sangat sangat buruk bagi kesehatan tubuh kita. Bukan hanya tubuh kita saja, namun orang-orang yang ada di sekitar kita pun memiliki risiko untuk terkena berbagai ancaman penyakit.
  • Pelan-pelan tapi pasti.
Pepatah itu, mungkin tidak terdengar asing ditelinga kalian. Begitu juga bagi para perokok, karena anda sudah terlanjur kecanduan itulah sebabnya anda jadi susah untuk menghentikan semua itu bukan. Nah, maka dari itu sejak sekarang kurangilah konsumsi rokok anda dari hari ke hari. Misal dari 4 batang setiap hari menjadi 3, 2, 1 dan tidak sama sekali.
  • Hindari kebiasaan untuk menarik rasa ingin merokok.
Anda bisa melakukan hal itu seperti dengan memakan permen, nonton televisi, main game, mengobrol dengan teman atau hal yang dapat membuat anda lupa akan adanya rokok.
  • Selalu cari kesibukan di sela waktu kosong.
Anda bisa melakukan cara tersebut melalui berbagai hal yang dapat menyehatkan tubuh anda yaitu dengan bersepeda, berolahraga, lari, berenang dan aktivitas lain yang menyeharkan.
  • Konsumsi air putih lebih banyak.
Dengan cara ini, air akan membuat racun rokok dalam tubuh anda segera menghilang. Sehingga dapat mengurangi rasa kecanduan anda terhadap rokok.
  • Sibukan diri anda setelah makan.
Hilangkanlah kebiasaan anda merokok setelah makan dengan langsung pergi menggosok gigi atau berjalan-jalan dengan begitu anda bisa lupa dengan rokok.

Hal-hal diatas dapat anda lakukan dan dicoba di rumah yah. Ayo hentikan rokok sejak sekarang, agar kesehatan tubuh anda tetap terjaga kesehatan dan kebugarannya.

Selain hal-hal diatas, ada beberapa cara lagi yang bisa anda coba untuk menghilangkan kecanduan merokok.
  • Melakukan konsultasi dengan dokter untuk menjalankan terapi berhenti merokok.
  • Hindari kawasan bebas rokok.
  • Mengganti rokok dengan mengonsumsi kopi, permen karet atau coklat.
  • Tetap berpikir positif.
  • Hindari stress.
  • Bersihkan rumah yang terdapat rokok.
  • Perbanyak tidur serta istirahat.
  • Perbanyak mengonsumsi buah dan sayur.
Sekian artikel yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dalam upaya berhenti untuk merokok. Terima kasih atas kunjungan anda dan Sukses yah.